Selayang Pandang Puasa Ayyamul Bidh

PUASA AYYAMUL BIDH adalah puasa sunnah pada pertengahan bulan hijriah. Puasa ini dilakukan pada tanggal 13, 14, dan 15 setiap bulan-bulan Islam. Puasa ini disunnahkan dan nilainya terhitung seperti puasa tahunan. Hal ini disebabkan amal shalih dalam Islam diganjar sepuluh kali lipat. 

Puasa sehari diganjar seperti puasa sepuluh hari. Sehingga barang siapa berpuasa tiga hari setiap bulannya, terhitung berpuasa setahun penuh. 

Sebagai contoh, berdasarkan kalender tahun 1442 Hijriah, tanggal 1-12 Februari 2021 masuk dalam bulan Jumadil Akhir dan tanggal 13-28 Februari masuk bulan Rajab. Sehingga pelaksanaan puasa sunnah Ayyamul Bidh saat ini pada tanggal 25, 26, dan 27 Februari 2021 atau 13, 14, dan 15 Rajab 1442 H.

Dalam hadits riwayat HR. Bukhari-Muslim, Rasulullah Muhammad bersabda, 
"cukup bagimu berpuasa selama tiga hari dalam setiap bulan, sebab kamu akan menerima sepuluh kali lipat pada setiap kebaikan yang kau lakukan. Karena itu, maka puasa ayyamul bidh sama dengan berpuasa setahun penuh."

Kitab Umdatul Qari`Syarhu Shahihil Bukhari memuat sebab puasa di tengah bulan ini disebut puasa ayyamul bidh. Hal ini berkaitan dengan kisah Nabi Adam ketika diturunkan ke bumi dan seluruh tubuhnya terbakar oleh matahari sehingga menjadi hitam.

Kemudian Allah memberikan wahyu kepadanya untuk berpuasa selama tiga hari, yakni di tanggal 13, 14, 15. Ketika berpuasa pada hari pertama, sepertiga tubuh Nabi Adam menjadi putih. Puasa hari kedua, sepertiganya lagi menjadi putih. Dan setelah puasa di hari ketiga, sepertiga sisanya menjadi putih.

Pendapat lain menyatakan dinamakan puasa ayyamul bidh karena pada malam-malam tersebut bulan bersinar terang atau bulan purnama. Maka pada siang hari kondisi bumi tetap terang karena sinar matahari dan di malam hari juga terang karena sinar bulan.

Bagi yang belum pernah, tapi berniat mulai menjalankan puasa Ayamul Bidh, niatnya adalah:
Nawaitu shauma ayyaamal bidh sunnatan lillaahi Ta'ala.
"Saya niat puasa pada hari-hari putih, sunah karena Allah ta'ala."

Semoga ber,manfaat!




Posting Komentar

0 Komentar