INTRODUKSI




Namanya MADRASAH, tentu fungsinya adalah sebagai tempat berkumpul untuk belajar bersama, khususnya tentang seluk beluk ajaran agama Islam mulai dari yang paling dasar sampai menengah, plus, kalau memang serius, bisa ke atas sedikit. Sementara kalau ingin lebih jauh ke atas lagi, idealnya tentu masuk perguruan tinggi jurusan Teologi Islam. Boleh di Indonesia, boleh juga sekalian saja di Mesir, supaya lulusnya nanti bisa pulang dengan menggondol gelar akademik "Lc", akronim dari "Licence" yang secara global diakui setara dengan Strata-1, tapi di tanah air justru lebih dikenal sebagai singkatan prestisius dari "Lulusan Cairo" yang banyak di sandang oleh ustadz-ustadz kondang asal Indonesia.

TENTANG NARASUMBER
Atas dasar untuk belajar bersama tadi, dan sesuai pula dengan nama dan nawaitunya sendiri, yakni menjadikan blog MADRASAH KITA ini sebagai media untuk belajar Islam secara berjamaah, maka materi belajarnya pun dipilih dan dikumpulkan dari berbagai sumber, baik sumber-sumber independen maupun lembaga resmi yang menyediakan materi belajar yang menurut hemat saya yang fakir ilmu; adalah bagus, perlu, walkhususon sangat bermanfaat dalam upaya memperluas khasanah pengetahuan akan dasar-dasar keilmuan Islam bagi siapa saja, terutama bagi para pencari ilmu.

Untuk itu, melalui kesempatan ini tidak bosan-bosannya saya haturkan lagi, dan lagi, ucapan terima kasih yang sebesarnya kepada seluruh narasumber yang tidak dapat saya sebutkan satu demi satu namanya di sini, namun tulisan maupun publikasi tulisannya ikut dipublikasi ulang melalui blog MADRASAH KITA. [1] 
Jazakallahu Khairan!
Semoga semua ilmu yang ustadz dan ustadzah bagikan akan menjadi ladang amal yang tak putus menuai pahala dunia akhirat, dan Insha Allah, akan mendapatkan ganjaran berlimpah dari Allah Subhanahu wata'ala. Amin, Ya Rabb, Ya, Arham Ar Rahimin.

TENTANG BLOG INI
Blog ini sendiri sebetulnya sudah lumayan lama ada dan sejak awal sejatinya dimaksudkan sebagai media dukung salahsatu funpage GM dengan nama yang sama di fesbuk, namun karena satu dan lain alasan sempat aidel sampai awal Ramadhan 1439H kemarin, kendati tetap menggunakan formatnya yang lama, namun sudah direnovasi dan direkonstruksi "luar dalam" dengan menambahkan juga artikel-artikel bagus yang sejak tahun 2010 dulu, bersama dengan anggota keluarga sempat sama-sama kami himpun untuk keperluan belajar, sebagaimana dapat dilihat dalam Daftar Arsip

Adapun harapannya adalah agar bila suatu saat nanti GM sudah tidak lagi dalam posisi memperhatikan, apalagi memperbaharui kontennya, setidaknya bahan bacaan yang tersedia (sekitar 900 s.d 1000 judul yang Insha Allah, akan diusahakan terus bertambah), mudah-mudahan dapat menjadi "legacy" yang bermanfaat bagi siapa saja.

TENTANG ARSIP
Mengingat demikian banyaknya artikel yang tersedia (walaupun demi ilmu, sesungguhnya masih sangat sedikit), maka saya coba menampilkan sebanyak-banyaknya akses ke masing-masing label, atau kategori artikel pada halaman utama, sehingga tampilan blog ini luar biasa rame, tidak jauh berbeda dengan umumnya blog-blog di bawah panji-panji GM atau GMDKK dengan maksud dan tujuan yang sama.

Artinya, terutama pada bagian tengah halaman, jika antum 'klik', maka tiap-tiap kolom label akan menampilkan artikel di bawah kategorinya masing-masing (perhatikan ikon Index & Forward pada ujung kanan masing-masing kolom label). Dan karena sebagian kategori membawahi belasan, bahkan sampai puluhan artikel, maka guna mengurangi konsumsi waktu ekstra untuk menelusurinya dari satu halaman ke halaman berikutnya (berdasarkan pengelaman, pekerjaan ini rasanya sangat menjemukan), maka kategori-kategori jenis ini sudah diklipping ke dalam kelompoknya sendiri-sendiri sehingga pembaca cukup menelusurinya pada satu halaman klipping saja. Sedangkan bagi pembaca yang terbiasa menelusuri artikel tersedia melalui Daftar Isi, ada sedikit petunjuk yang lumayan membantu pada Penjelasan Daftar Arsip.

TENTANG SHARING
Tidak banyak dari kita yang menyadari bahwa Sharing artikel-artikel islami sebetulnya adalah bagian penting dalam syiar Islam melalui medsos. Fenomena di negara-negara barat, misalnya, di mana dari tahun ke tahun dikabarkan makin banyak saja umat tetangga yang tadinya mengaku "anti-Islam" akhirnya berbondong-bondong memutuskan untuk menjadi muallaf, sebenarnya tidak lepas dari proses sharing ini. 

Seiring dengan berkembang pesatnya teknologi informasi, terutama melalui internet, maka penyebaran informasi-informasi miring, sumir, dan dusta tentang Islam yang selama berabad-abad menjadi dominasi media barat demi kepentingan supremasi barat, kini mendapat tandingan dari individu-individu, kelompok-kelompok, dan organisasi-organisasi Islam di seluruh dunia yang istiqomah mewartakan ajaran sejati Islam yang dapat dibuktikan kebenaran logisnya melalui fakta-fakta yang disajikan oleh situs-situs internet Islam kredibel, oleh para Da'i Muallaf kondang yang sebelumnya adalah rohaniawan atau aktivis gereja, atau para selebritis yang beralih menjadi pemeluk Islam, atau melalui buku-buku tentang Islam yang banyak beredar di berbagai toko buku maupun perpustakaan publik, bahkan banyak pula di antaranya melalui fasilitas free download e-book Islami lewat internet!

Perhatikan lagi firman Allah SWT berikut ini [2]

وَأَطِيعُوا اللَّهَ وَأَطِيعُوا الرَّسُولَ وَاحْذَرُوا ۚ فَإِنْ تَوَلَّيْتُمْ فَاعْلَمُوا أَنَّمَا عَلَىٰ رَسُولِنَا الْبَلَاغُ الْمُبِينُ
"Dan taatlah kamu kepada Allah dan taatlah kamu kepada Rasul-(Nya) dan berhati-hatilah. Jika kamu berpaling, maka ketahuilah bahwa sesungguhnya kewajiban Rasul Kami, hanyalah menyampaikan (amanat Allah) dengan terang." (QS Al-Maida[5]: 92)

مَا عَلَى الرَّسُولِ إِلَّا الْبَلَاغُ ۗ وَاللَّهُ يَعْلَمُ مَا تُبْدُونَ وَمَا تَكْتُمُونَ
"Kewajiban Rasul tidak lain hanyalah menyampaikan, dan Allah mengetahui apa yang kamu lahirkan dan apa yang kamu sembunyikan." (QS Al-Maida[5]: 99)

Dan perhatikan pula sabda Rasulllah SAW ini,

"Sampaikanlah yang datang dariku, walau hanya satu ayat." [HR Al-Bukhari 3/1275 no 3274]

Namun disusul dengan peringatan keras, [3]

“Barangsiapa berkata tentangku yang tidak pernah aku katakan, maka hendaklah ia persiapkan tempat duduknya di neraka.” [HR. Bukhari no. 109, dari Salamah al-Akwa RA, lihat juga HR Ahmad no. 469, 6478, 8266] 

Jadi, jika memang sudah haqqul yakin akan kebenaran ajaran Islam yang dipahami dari bacaan-bacaan tersedia di MADRASAH KITA, atau di mana saja, maka sampaikanlah kepada orang lain. Sebab perintah Rasulullah SAW kepada kita adalah menyampaikan. Tidak lebih, dan tidak kurang!

Artinya, yang mana saja dari konten MADRASAH KITA ini yang dipercaya baik dan perlu, serta dipandang bermanfaat untuk disebarkanluaskan, maka sebarkanlah!

Syukur Alhamdulillah jika menyertakan juga sumber dan narasumbernya, namun bila tidak, juga tidak apa-apa. Sebab tokh semua arsip yang tersedia di MADRASAH KITA pada hakekatnya memang untuk disampaikan kepada orang banyak, terlepas apakah itu kepada sesama ikhwanul Muslimin atau bahkan kepada non-muslim sekalipun. 

Kenapa?
Karena Allah menjelaskan melalui firman-Nya,

فَإِنْ حَاجُّوكَ فَقُلْ أَسْلَمْتُ وَجْهِيَ لِلَّهِ وَمَنِ اتَّبَعَنِ ۗ وَقُلْ لِلَّذِينَ أُوتُوا الْكِتَابَ وَالْأُمِّيِّينَ أَأَسْلَمْتُمْ ۚ فَإِنْ أَسْلَمُوا فَقَدِ اهْتَدَوْا ۖ وَإِنْ تَوَلَّوْا فَإِنَّمَا عَلَيْكَ الْبَلَاغُ ۗ وَاللَّهُ بَصِيرٌ بِالْعِبَادِ
"Kemudian jika mereka mendebat kamu (tentang kebenaran Islam), maka katakanlah: "Aku menyerahkan diriku kepada Allah dan (demikian pula) orang-orang yang mengikutiku". Dan katakanlah kepada orang-orang yang telah diberi Al Kitab dan kepada orang-orang yang ummi: "Apakah kamu (mau) masuk Islam". Jika mereka masuk Islam, sesungguhnya mereka telah mendapat petunjuk, dan jika mereka berpaling, maka kewajiban kamu hanyalah menyampaikan (ayat-ayat Allah). Dan Allah Maha Melihat akan hamba-hamba-Nya." (QS Ali-Imran[3]:20)

Artinya, sekali lagi, perintah kepada umat Islam hanya sebatas menyampaikan ayat-ayat Allah dan sabda-sabda Rasul-Nya saja, sedangkan selebihnya bergantung sepenuhnya kepada perkenan Allah SWT sendiri apakah akan memberi atau tidak akan memberi petunjuk (hidayah) kepada masing-masing penerimanya. (Lihat QS. Al-Ikhlas[112]:2)

Demikian, semoga sedikit penjelasan ini berguna, dan saudara-saudara ikhwanul Muslimin pemerhati fanpage MADRASAH KITA di fesbuk yang mungkin saja diam-diam bertanya; "kenapa kok funpage ini udah lama banget nggak apdet?" mendapatkan jawabannya di blog ini.

Sedangkan untuk perhatian dan untuk setiap "LIKE" yang sudah dan (mudah-mudahan masih) akan diberikan kepada funpage MADRASAH KITA di fesbuk, tidak lupa sekali lagi saya ucapkan terima kasih. 
Syukran!

Salam ukhuwah Islamiyah selalu,
GM


--------------------
Catatan Kaki
[1] Rata-rata artikel yang dipublikasi ulang melalui MADRASAH KITA menyertakan narasumber sekaligus tautan ke halaman asal artikel. Namun beberapa di antaranya, karena berasal dari masa-masa awal pengumpulan dulu, masih belum menemukan kembali induknya. Untuk ini, kepada para author yang berhak, saya mohon untuk dapat dimaklumi, sekaligus mohon dimaafkan. 
[2] Ada empatpuluh sembilan firman Allah di dalam Al-Quran Karim yang menyiratkan dengan jelas bahwa tugas Rasulullah SAW hanya menyampaikan.
[3] Simak penjelasan tentang perintah, "SAMPAIKANLAH WALAU HANYA SATU AYAT!"



Posting Komentar

0 Komentar