IBADAH HAJI SESUAI TUNTUNAN RASULULLAH SAW



Haji merupakan perkumpulan besar dari kaum muslimin, berkumpul padanya orang yang alim dan orang yang awam, presiden/raja dan rakyatnya, lelaki dan wanita, yang kecil dan yang besar, yang sehat dan yang sakit, yang kaya dan yang miskin.

Haji memiliki rukun-rukun, syarat-syarat, kewajiban-kewajiban, adab-adab, keutamaan-keutamaan, dan akhlak-akhlak yang mulia. Barangsiapa yang menyempurnakannya maka akan diampuni dosa-dosanya dan berlipat ganda kebaikan-kebaikannya, dan terangkat derajatnya di surga. Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda :

من حج فلم يرفث ولم يفسق رجع كيوم ولدته أمه
Barangsiapa haji dan tidak berbuat rofats (jimak dan pengantarnya) dan tidak berbuat kefasikan maka ia akan kembali sebagaimana hari dilahirkan oleh ibunya [HR Al-Bukhari dan Muslim]

Nabi juga bersabda :

والحج المبرور ليس له جزاء إلا الجنة
"Dan haji mabrur tidak ada ganjaran baginya kecuali surga" [HR Al-Bukhari dan Muslim]

Nabi shallallahu 'alaihi wasallam berkata kepada 'Amr bin Al-'Aash radhiallahu 'anhu :

أما علمت أن الإسلام يهدم ما كان قبله وأن الهجرة تهدم ما كان قبلها وأن الحج يهدم ما كان قبله
"Tidakkah kau tahu bahwasanya Islam menghancurkan dosa-dosa sebelumnya, dan hijrah menghancurkan dosa-dosa sebelumnya, dan haji menghancurkan dosa-dosa sebelumnya" [HR Muslim]

Dalam haji kaum muslimin dikumpulkan oleh Ukhuwwah Islamiyah, mereka saling mengasihi diantara mereka, saling lembut diantara mereka, saling mengenal dan menyambung persaudaraan diantara mereka, serta saling membantu diantara mereka. Allah berfirman :

إِنَّمَا الْمُؤْمِنُونَ إِخْوَةٌ
Orang-orang beriman itu Sesungguhnya bersaudara. (QS Al-Hujuroot : 10)


Dan berikut ini adalah beberapa catatan tentang haji yang mudah-mudahan bermanfaat bagi kita semua. Insha Allah!



Posting Komentar

0 Komentar